Search Modal

Informasi

  • 28 Februari 2018 - Pj. Gubernur Lantik Zainal Abidin Sebagai Pj. Bupati Tanggamus Lihat
  • 14 Mei 2016 - Selamat datang Di Webiste Resmi Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tanggamus Lihat

Main Area

Main

Tugas Pokok Dan Fungsi

  1. Kepala dinas:

 

Tugas pokok : Merencanakan, mengkoordinasikan, mengatur, membina dan mengendalikan penyelenggaraan Dinas Tenaga Kerja.

 

Uraian Tugas

    

  1. Menyusun rencana kerja dan rencana anggaran bidang tenaga kerja;
  2. Mendistribusikan dan memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan;
  3. Memantau dan mengendalikan kegiatan bawahan;
  4. Membimbing dan memotivasi bawahan dalam upaya meningkatkan produktivitas kerja dan pengembangan karir;
  5. Melakukan pemantauan dan pengendalian kegiatan bidang tenaga kerja;
  6. Menandatangani naskah dinas yang bersifat prinsip dan naskah dinas lainnya untuk instansi di atasnya;
  7. Melaksanakan koordinasi lintas sektoral dengan instansi terkait maupun swasta dalam rangka pelaksanaan program di bidang tenaga kerja;
  8. Menetapkan langkah kebijakan dalam pelaksanaan program kerja bidang tenaga kerja;
  9.  Merencanakan operasional standar pelayanan minimal bidang tenaga kerja;
  10.  Melaksanakan pembinaan dan penertiban usaha di bidang tenaga kerja;
  11. Memberikan rekomendasi di bidang tenaga Kerja;
  12.  Menilai prestasi kerja bawahan sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan karir;
  13. Melaporkan hasil kerja di bidang tenaga kerja dalam rangka pertanggungjawaban pelaksanaan tugas kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah;
  14. Menyelenggarakan pelaksanaan pengawasan melekat (waskat);
  15. Mengevaluasi dan memonitoring kinerja bawahan;
  16. Melaksanakan tugas lain atas perintah atasan untuk mewakili tugas-tugas yang bersifat strategis dan politis maupun yang bersifat kebijakan pimpinan yang sesuai bidang tugasnya.

 

 

 

  1. Sekretaris Dinas

Tugas Pokok :  Membantu Kepala dinas dalam menyelenggarakan pelayanan, merencanakan,   mengatur   dan   mengendalikan   kegiatan kesekretariatan yang meliputi kepegawaian, pengelolaan keuangan, urusan rumah tangga, urusan ketata usahaan, perencanaan, monitoring, evaluasi dan pelaporan;

 

Uraian Tugas:

  1. Menyusun rencana kerja dan rencana anggaran di bidang keuangan, umum, kepegawaian, perencanaan sesuai dengan kebijakan Kepala Dinas;
  2. Mendistribusikan  dan memberikan  petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan;
  3. Memantau dan mengendalikan program bawahan;
  4. Mengkoordinasikan penyusunan rencana kerja dan program di bidang tenaga kerja;
  5. Mengkoordinasikan dan menyiapkan naskah peraturan perundang-undangan di bidang tenaga kerja;
  6. Pelaksanaan peraturan, penilaian, pengumpulan dan analisa data serta penyusunan laporan tentang hasil pelaksanaan tugas;
  7. Memilih dan mendistribusikan surat yang disampaikan oleh Kepala Sub Bagian Umum, Kepegawaian dan Perencanaan untuk disampaikan Kepada atasan atau kebidang lainnya;
  8. Meneliti dan memaraf naskah dinas yang akan ditandatangani oleh atasan;
  9. Mengkoordinasikan pelayanan teknis administrasi kepada Satuan Kerja Perangkat daerah (SKPD) dan unit kerja lainya yang berada dilingkup Dinas Tenaga Kerja;
  10. Mengkoordinasikan persiapan rapat yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja;
  11. Bertanggung jawab atas keamanan dalam kantor terhadap personil , materil dan informasi;
  12. Memberi petunjuk dalam proses perencanaan pengadaan barang penyimpanan, pendistribusian, penggunaan, perawatan seluruh investaris dan usulan penghapusan barang inventaris;
  13. Mengkaji alternatif pemecahan masalah sebagai  bahan bagi pimpinan untuk menetapkan kebijakan;
  14.  Melaksanakan pengadaan, penyimpangan, pendistribusian, penggunaan, perawatan, inventarisasi dan usul penghapusan yang meliputi gedung peralatan teknis,alat kantor, mobilitas dan perbukuan Dinas Tenaga Kerja;
  15.  Melakukan koordinasi dalam penyusunan dokumen penggunaan anggaran (DPA) dan pelaksanaan anggaran aparatur dan publik;
  16. Mengevaluasi hasil kerja bawahan dalam pelaksanaan tugas ketatausahaan;
  17. Menilai prestasi kerja bawahan sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan karier;
  18. Menyusun dan melaporkan hasil pelaksanaan tugas bidang kepegawaian, umum dan keuangan kepada Kepala dinas;
  19. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diperintahkan oleh atasan;

 

  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Sekretaris mempunyai fungsi:
  1. Penyusunan kebijakan teknis di bidang ketatausahaan;
  2. Pengelolaan urusan penyusunan program dan informasi;
  3. Pengelolaan urusan administrasi umum dan kepegawaian;
  4. Pengelolahan asset;
  5. Pengelolaan urusan keuangan dan aset;
  6. Pengelolaan kegiatan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan program dan kegiatan dinas;
  7. Pengkoordinasian pelaksanaan tugas-tugas dinas.

 

  • Dalam menyelenggarakan tugas dan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dan ayat  (3), Sekretariat dibantu oleh :

 

  1. Sub Bagian Umum, Kepegawaian dan Perencanaan
  2. Sub Bagian Keuangan

 

(3)  Masing-masing Sub Bagian dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang dalam melaksanakan tugasnya bertanggung jawab kepada Sekretaris.  

 

Sub Bagian Umum,  Kepegawaian dan Perencanaan

 

Tugas Pokok : membantu Sekretaris dalam menyelenggarakan ketatausahaan, rumah tangga dan perlengkapan serta pengelolaan administrasi kepegawaian dinas

 

          Uraian Tugas :

  1. Menyusun program perencanaan kegiatan  tahunan dan lima tahunan (RKA, Renja, Renstra);
  2. Mengkoordinasikan pembuatan laporan dinas;
  3. Memberi petunjuk tentang pengelolaan urusan surat menyurat;
  4. Menyusun konsep kebutuhan, pendistribusian dan pemeliharaan kendaraan dinas serta inventaris kantor lainnya;
  5. Menyusun kebutuhan dan penempatan pegawai;
  6. Melaksanakan persiapan teknis kegiatan rapat di lingkungan dinas;
  7. Mengadministrasikan pengadaan aset dinas;
  8. Menyusun konsep teknis pemeliharaan ketertiban dan keamanan lingkungan kantor;
  9. Memproses izin cuti kepegawaian dan melayani pembuatan administrasi kepegawaian;
  10. Melaksanakan koordinasi umum dan kepegawaian;
  11. Membuat laporan kegiatan umum dan kepegawaian;
  12. Merencanakan kebutuhuan umum dinas;
  13. Menata naskah surat-surat dinas;
  14. Mengawasi kebersihan dan ketertiban dinas;
  15. Menyiapkan bahan usulan dan memproses mutasi kepegawaian yang meliputi pengangkatan pegawai, pengangkatan dalam jabatan, pemindahan, peninjauan masa kerja, penyesuaian ijazah, pemberhentian, pengaktifan kembali pensiun dan kenaikan gaji berkala;
  16. Mengumpulkan, mengolah serta menyajikan data kepegawaian, menyusun laporan adminstrasi kepegawaian dan menyelenggarakan SIMPEG (Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian);
  17. Melaksanakan pengurusan tata usaha pegawai (DUK, KARPEG, KARIS, KARSU, FILE PEGAWAI, SKP dan daftar hadir);
  18. Melaksanakan pengadaan sarana dan prasarana dibidang sosial;
  19. Membuat laporan (LKIP, LKPJ, LPPD);
  20. Melaksanakan koordinasi lintas sektoral dengan instansi terkait maupun swasta dalam rangka pelaksanaan program sosial;
  21. Menyiapkan bahan perencanaan program dan kegiatan;
  22. Melakukan pengumpulan data statistik masalah sosial;
  23. Melakukan pengamanan dan evaluasi data;
  24. Mengevaluasi hasil kerja bawahan;
  25. Melaporkan hasil kerja di Sub Bagian Umum,Kepegawaian dan Perencanaan kepada atasan;
  26. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diperintahkan atasan.

 

 

Kepala Sub Bagian Keuangan

 

Tugas Pokok : membantu Sekretaris dalam perencanaan keuangan belanja rutin, rumah tangga dan perlengkapan serta pengelolaan keuangan  dinas

 

Uraian Tugas :

  1. Menyusun perencanaan keuangan belanja rutin dan belanja kepegawaian dinas;
  2. Melaksa nakan koordinasi pelaksanaan penggunaan anggaran;
  3. Membagi tugas dan memberi petunjuk pada staf keuangan dan bendahara;
  4. Menelaah dan menindaklanjuti laporan hasil pemeriksaan instansi terkait;
  5. Memberikan saran pertimbangan dalam penggunaan keuangan pada pimpinan;
  6. Melakukan verifikasi keuangan;
  7. Melaksanakan perencanaan dan pengelolaan keuangan dinas;
  8. Melaksanakan perencanaan, penarikan dan penyetoran pendapatan asli daerah;
  9. Melaksanakan koordinasi keuangan dengan instansi terkait;
  10. Membuat laporan pengelolaan keuangan;
  11. Melakukan pencatatan realisasi penggunaan uang pemerintah;
  12. Menyiapkan bahan untuk anggaran biaya tambahan;
  13. Mengevaluasi hasil kerja bawahan;
  14. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diperintahkan oleh atasan.

 

Kepala Bidang Tenaga Kerja

Tugas Pokok : Yaitu memimpin, merencanakan, mengatur   dan   mengevaluasi kegiatan penyelenggaraan pada Seksi  Penempatan dan Pelatihan Tenaga Kerja dan Seksi Pengawasan dan Hubungan Industrial.

 

Uraian Tugas :

  1. Menyusun rencana kerja operasional dan    rencana anggaran di bidang tenaga kerja;
  2. Memberikan petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan;
  3. Mengatur pembagian tugas dan pendistribusian tugas kepada bawahan;
  4. Menyusun perencanaan tenaga kerja daerah Kabupaten, pembinaan dan penyelenggaraan system informasi ketenagakerjaan;
  5. Melaksanakan kebijakan, pedoman, norma, standar, prosedur dan kriteria monitoring evaluasi pembinaan SDM aparatur pelaksana urusan pemerintahan bidang ketenagakerjaan skala kabupaten;
  6. Melaksanakan kebijakan pusat dan provinsi, penetapkan kebijakan daerah dan pelaksanaan strategi penyelenggaraan urusan pemerintahan bidang ketenagakerjaan skala kabupaten;
  7. Penyebarluasan informasi dan pelayanan informasi pasar kerja serta pendaftaran pencari kerja skala kabupaten;
  8. Melaksanakan penegelolaaan data pencari kerja dan lowongan kerja skala kabupaten;
  9. Melakukan pengawasan dan pembinaan kegiatan perusahaan pengerah jasa tenaga kerja ( PPTKIS);
  10. Penerbitan dan pengendalian rekomendasi izin perdirian lembaga pelatihan kerja ( LPTKS) skala kabupaten;
  11. Pemberian rekomendasi kepada swasta dalam penyelenggaraan pameran bursa kerja/jobs fair skala kabupaten;
  12. Penyuluhan, rekrutmen, seleksi dan pengesahan pengantar kerja dan penempatan tenaga kerja antar kerja local ( AKAL), serta penerbitan surat persetujuan penempatan ( SPP) antar kerja daerah ( AKAD) skala kabupaten;
  13. Pembinaan penyuluhan pendaftaran dan seleksi calon TKI serta pengawasan pelaksanaan rekrutmen calon TKI dan monitoring;
  14. Penerbitan rekomendasi izin pendirian kantor cabang pelaksana penempatan tenaga kerja Indonesia swasta (PPTKIS) di kabupaten;
  15. Penerbitan rekomendasi paspor TKI di wilayah kabupaten berdasarkan asal/alamat calon TKI;
  16. Pelaksanaan kebijakan pemerintah pusat dan provinsi, perumusan kebijakan daerah dan pelaksanaan strategi penyelenggaraan urusan pemerintahan bidang ketenagakerjaan skala kabupaten;
  17. Menilai prestasi kerja bawahan sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan karier;
  18. Mengevaluasi hasil pelaksanaan tugas bidang tenaga kerja kepada atasan;
  19. Mengkoordinasikan pelaksanaan pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan ketenagakerjaan, pelaksanaan upah minimum provinsi di kabupaten;
  20. Melakukan penyelesaian permasalahan dalam hubungan industrial yang terjadi antara pekerja dan pengusaha berdasarkan undang-undang yang berlaku;
  21. Melakukan penelitian dan pengawasan pemakaian izin pesawat uap, pesawat angkat dan mesin-mesin produksi di perusahaan;
  22. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diperintah atasan;

 

Kepala Seksi Tenaga Kerja

Tugas Pokok : membantu kepala bidang tenaga kerja dalam penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi  

 

Uraian Tugas :

 

  1. Menyusun rencana kerja operasional dan rencana anggaran di bagian Penempatan dan Pelatihan Tenaga Kerja;
  2. Memberikan petunjuk pelaksanaan kepada bawahan;
  3. Mengatur dan mendistribusikan pembagian tugas kepada bawahan;
  4. Menyusun perencanaan tenaga kerja daerah kabupaten pembinaan dan penyelenggarakan sistem informasi ketenagakerjaan;
  5. Melaksanakan kebijakan, pedoman, norma, standar, prosedur dan kreteria monitoring evaluasi pembinaan SDM Aparatur pelaksana urusan pemerintahan bidang ketenagakerjaan skala Kabupaten;
  6. Melaksanakan kebijakan pusat dan provinsi, penetapan kebijakan daerah dan pelaksanaan strategi penyelenggaraan urusan pemerintah bidang ketenagakerjaan skala kabupaten;
  7. Penyebarluasan informasi dan pelayanan informasi pasar kerja serta pendaftaran pencari kerja skala kabupaten;
  8. Mengumpulkan dan mengelola data pencari kerja di kabupaten Tanggamus baik melalui mekanisme AKAL, AKAD dan AKAN maupun melalui bursa kerja Online;
  9. Menyusun data base TKI kabupaten Tanggamus yang telah ditempatkan baik di dalam maupun luar negeri;
  10. Penyuluhan, rekrutmen, seleksi dan pengesahan pengantar kerja dan penempatan tenaga kerja lokal (AKAL), serta penerbitan surat persetujuan penempatan (SPP) antar kerja antar daerah             (AKAD) skala kabupaten;
  11. Penerbitan rekomendasi izin pendirian kantor cabang Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Swasta (PPTKIS) di kabupaten;
  12. Penerbitan ID CTKI dan rekomendasi paspor TKI di wilayah kabupaten berdasarkan asal/alamat calon TKI;
  13. Sosialisasi, pembinaan, pengawasan dan monitoring penempatan dan perlindungan TKI di luar negeri skala kabupaten;
  14. Pemberian rekomendasi kepada swasta dalam penyelenggaraan pameran bursa kerja/jobs fair skala kabupaten;
  15. Melakukan pengawasan dan pembinaan kegiatan perusahaan pelaksana penempatan tenaga kerja Indonesia swasta ( PPTKIS) lingkungan kabupaten Tanggamus;
  16. Melakukan koordinasi dengan bidang dan instansi lain dalam upaya sinkronisasi kegiatan penempatan dan pelatihan tenaga kerja; Mengevaluasi hasil pelaksanaan tugas seksi penempatan dan pelatihan tenaga kerja;
  17. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas seksi penempatan dan pelatihan tenaga kerja kepada atasan;
  18. Mengumpulkan dan mengelola data ketenagakerjaan di kabupaten Tanggamus dalam rangka menyusun data base tenaga kerja dan provil tenaga kerja Kabupaten Tanggamus;
  19. Melaksanakan peningkatan kapasitas dan kopetensi tenaga kerja melalui proses pelatihan secara berkelanjutan;
  20. Membina, mendidik dan melatih tenaga kerja menjadi tenaga yang profesional dan kompeten di bidangnya;
  21. Koordinasi pelaksanaan sertifikasi kompetensi dan akreditasi dan pembinaan lembaga pelatihan kerja ( LPK) skala kabupaten;
  22. Penerbitan dan pengendalian rekomendasi izin pendirian lembaga pelatihan kerja swasta ( LPTKS) skala kabupaten;
  23. Melakukan pengawasan dan pembinaan kegiatan lembaga pelatihan swasta (LPTKS) di Kabupaten Tanggamus;
  24. Menilai kinerja bawahan sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan karier;
  25. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang di perintah atasan;

 

Kepala Seksi Penempatan dan Pelatihan Tenaga Kerja

 

Tugas Pokok : membantu kepala bidang tenaga kerja dalam penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi  

 

Uraian Tugas :

  1. Menyusun rencana kerja operasional dan rencana anggaran di bagian Penempatan dan Pelatihan Tenaga Kerja;
  2. Memberikan petunjuk pelaksanaan kepada bawahan;
  3. Mengatur dan mendistribusikan pembagian tugas kepada bawahan;
  4. Menyusun perencanaan tenaga kerja daerah kabupaten pembinaan dan penyelenggarakan sistem informasi ketenagakerjaan;
  5. Melaksanakan kebijakan, pedoman, norma, standar, prosedur dan kreteria monitoring evaluasi pembinaan SDM Aparatur pelaksana urusan pemerintahan bidang ketenagakerjaan skala Kabupaten;
  6. Melaksanakan kebijakan pusat dan provinsi, penetapan kebijakan daerah dan pelaksanaan strategi penyelenggaraan urusan pemerintah bidang ketenagakerjaan skala kabupaten;
  7. Penyebarluasan informasi dan pelayanan informasi pasar kerja serta pendaftaran pencari kerja skala kabupaten;
  8. Mengumpulkan dan mengelola data pencari kerja di kabupaten Tanggamus baik melalui mekanisme AKAL, AKAD dan AKAN maupun melalui bursa kerja Online;
  9. Menyusun data base TKI kabupaten Tanggamus yang telah ditempatkan baik di dalam maupun luar negeri;
  10. Penyuluhan, rekrutmen, seleksi dan pengesahan pengantar kerja dan penempatan tenaga kerja lokal (AKAL), serta penerbitan surat persetujuan penempatan (SPP) antar kerja antar daerah             (AKAD) skala kabupaten;
  11. Penerbitan rekomendasi izin pendirian kantor cabang Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Swasta (PPTKIS) di kabupaten;
  12. Penerbitan ID CTKI dan rekomendasi paspor TKI di wilayah kabupaten berdasarkan asal/alamat calon TKI;
  13. Sosialisasi, pembinaan, pengawasan dan monitoring penempatan dan perlindungan TKI di luar negeri skala kabupaten;
  14. Pemberian rekomendasi kepada swasta dalam penyelenggaraan pameran bursa kerja/jobs fair skala kabupaten;
  15. Melakukan pengawasan dan pembinaan kegiatan perusahaan pelaksana penempatan tenaga kerja Indonesia swasta ( PPTKIS) lingkungan kabupaten Tanggamus;
  16. Melakukan koordinasi dengan bidang dan instansi lain dalam upaya sinkronisasi kegiatan penempatan dan pelatihan tenaga kerja; Mengevaluasi hasil pelaksanaan tugas seksi penempatan dan pelatihan tenaga kerja;
  17. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas seksi penempatan dan pelatihan tenaga kerja kepada atasan;
  18. Mengumpulkan dan mengelola data ketenagakerjaan di kabupaten Tanggamus dalam rangka menyusun data base tenaga kerja dan provil tenaga kerja Kabupaten Tanggamus;
  19. Melaksanakan peningkatan kapasitas dan kopetensi tenaga kerja melalui proses pelatihan secara berkelanjutan;
  20. Membina, mendidik dan melatih tenaga kerja menjadi tenaga yang profesional dan kompeten di bidangnya;
  21. Koordinasi pelaksanaan sertifikasi kompetensi dan akreditasi dan pembinaan lembaga pelatihan kerja ( LPK) skala kabupaten;
  22. Penerbitan dan pengendalian rekomendasi izin pendirian lembaga pelatihan kerja swasta ( LPTKS) skala kabupaten;
  23. Melakukan pengawasan dan pembinaan kegiatan lembaga pelatihan swasta (LPTKS) di Kabupaten Tanggamus;
  24. Menilai kinerja bawahan sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan karier;
  25. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang di perintah atasan;

 

 

 

Kepala Seksi Pengawasan dan Hubungan      Industrial

 

Tugas Pokok : membantu kepala bidang tenaga kerja dalam penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi  

 

Uraian Tugas :

  1. Menyusun rencana kerja operasional dan rencana kerja anggaran Seksi Pengawasan dan Hubungan Industrial;
  2. Membagi tugas kerja  kepada bawahan;
  3. Memberikan petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan;
  4. Melakukan pembinaan dan penyuluhan terhadap tenaga kerja wanita.
  5. Melakukan pembinaan organisasi pekerja dan organisasi pengusaha maupun tenaga kerja/pekerja/buruh;
  6. Melaksanakan pelatihan dan pengawasan pelaksanaan permohonan izin penyimpangan waktu kerja dan kerja malam wanita;
  7. Melaksanakan penelitian dan pengawasan pemakaian izin pesawat uap,pesawat angkat dan mesin-mesin produksi di perusahaan dilingkungan Kabupaten Tanggamus;
  8. Mengevaluasi hasil kerja bawahan;
  9. Melaporkan hasil kerja bidang pengawasan dan hubungan industrial kepada atasan;
  10. Melaksanakan bimbingan organisasi pekerja dan pengusaha, jamsostek, pengawasan dan pemantauan jaminan sosial;
  11. Melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan ketenaga kerjaan, pelaksanaan upah minimum Provinsi dan Kabupaten;

 

  1. Melaksanakan bimbingan dan pembinaan pelaksanaan hubungan industrial;
  2. Melakukan penyelesaian permasalahan dalam hubungan industri yang terjadi antara pekerja dan pengusaha berdasarkan undang-undang yang berlaku;
  3. Melakukan pembinaan, pengawasan wajib layak melaksanakan pembuatan peraturan perusahaan dan perjanjian kesepakatan kerja bersama;
  4. Melakukan pembinaan dan pembentukan lembaga bipartite di tingkat perusahaan dan lembaga tripartit tingkat Kabupaten;
  5. Menilai prestasi kerja bawahan sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan karir;
  6. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh atasan;

 

Kepala Seksi Transmigrasi

 

Tugas Pokok : membantu kepala bidang tenaga kerja dalam penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi  

 

Uraian Tugas :

  1. Menyusun rencana kerja operasional dan rencana kerja anggarann dibagian Seksi Transmigrasi;
  2. Mendistribusikan dan mengatur pembagian tugas kepada bawahan;
  3. Memberikan petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan;
  4. Mengumpulkan dan mengelola data Transmigrasi di Kabupaten Tanggamus dalam rangka penyusunan database calon transmigran;
  5. Mengadakan pembinaan minat bertransmigrasi dan menyelenggarakan system informasi ketransmigrasian di Kabupaten Tanggamus;
  6. Perencanaan dan perancangan pembangunan ketransmigrasian daerah Kabupaten Tanggamus;
  7. Pengembangan model-model pembangunan permukiman ketransmigrasian daerah Kabupaten Tanggamus;
  8. Pelaksanaan kebijakan, pedoman, norma, standar, prosedur, kriteria, monitoring dan evaluasi pembinaan SDM aparatur pelaksana urusan pemerintahan bidang ketransmigrasian pemerintah daerah Kabupaten;
  9. Pendaftaran seleksi calon transmigrasi skala Kabupaten berdasarkan criteria pemerintah;
  10. Pelayanan pelatihan calon transmigraasi sesuai kompetensi yang dibutuhkan daerah penempatan transmigrasi;
  11. Pelayanan pelatihan calon transmigrasi sesuai kompetensi yang dibutuhkan daerah penempatan transmigrasi;
  12. Pelayanan pelatihan calon transmigrasi sesuai kompetensi yang dibutuhkan daerah penempatan transmigrasi;
  13. Pelayanan penampungan, pemakanan, kesehatan, pembekalan dan pengangkutan dalam proses perpindahan transmigrasi dari daerah asal ke daerah penempatan transmigasi;
  14. Melakukan koordinasi dengan bidang dan instansi lain upaya sinkronisasi kegiatan transmigrasi;
  15. Menilai prestasi kerja bawahan sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan karir;
  16. Mengevaluasi hasil pelaksanaan tugas seksi transmigrasi;
  17. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas seksi pelatihan tenaga kerja dan transmigrasi;
  18. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang di perintahkan oleh atasan;
  19. Menilai prestasi kerja bawahan sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan karir;

 

  1. Meneliti hasil kerja bawahan bidang transmigrasi;
  2. Mengevaluasi hasil pelaksanaan tugas seksi transmigrasi;
  3. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas seksi transmigrasi kepada bawahan;
  4. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diperintahkan oleh atasan.

 

Kepala Bidang Energi dan Sumber Daya Mineral

 

Tugas Pokok : memimpin, merencanakan, mengatur dan mengevaluasi    kegiatan penyelenggaraan  Energi Baru Terbarukan dan Pertambangan dan Geologi

 

Uraian Tugas :

  1. Menyusun rencana kerja operasional dan rencana anggaran di bidang Energi dan Sumber Daya Mineral;
  2. Mendistribusikan tugas kepada bawahan;
  3. Memberikan petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan;
  4. Pelaksanaan kebijakan pusat dan provinsi di bidang pembinaan, pengendalian dan pengawasan kegiatan pengusahaan, keteknikan, keselamatan kerja, lingkungan serta pembangunan sarana dan prasarana tertentu di bidang panas bumi, bio energi, aneka energi baru dan terbarukan dan konservasi energi serta  di bidang pelayanan sumber daya geologi, vulkanologi dan mitigasibencana geologi, air tanah dan geologi lingkungan serta survei geologi;
  5. Penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria dibidang pembinaan, pengendalian dan pengawasan pengusahaan, keteknikan, keselamatan kerja, lingkungan serta pembangunan sarana dan prasarana tertentu di bidang panas bumi, bio energi, aneka energi baru dan terbarukan dan konservasi energi serta di bidang penyelidikan dan pelayanan sumber daya geologi, vulkanologi dan mitigasi bencana geologi, air tanah dan geologi lingkungan serta survei geologi;
  6. Pemberian bimbingan teknis dan evaluasi dibidang energi baru terbarukan dan konservasi energi;
  7. Pelaksanaan penelitian, penyelidikan dan pelayanan di bidang sumber daya geologi, vulkanologi dan mitigasi bencana geologi, air tanah dan geologi lingkungan serta survei geologi;
  8.  Pelaksanaan bimbingan teknis dan suvervisi di bidang penyelidikan dan pelayanan sumber daya geologi, vulkanologi dan mitigasi bencana geologi, air tanah dan geologi lingkungan serta survei geologi;
  9.  Melaksanakan tugas lainnya yang diperintahkan oleh atasan;

 

Kepala Seksi Energi Baru dan Terbarukan

 

Tugas Pokok : membantu kepala bidang energi dan sumberdaya mineral dalam penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi  

 

Uraian Tugas :

  1. Menyusun rencana kerja operasional dan rencana anggaran pada Seksi Energi Baru;
  2. Mendistribusikan tugas dan memberikan petunjuk  kepada bawahan;
  3. Mengkoordinasikan kegiatan kebawahan;
  4. Mengendalikan dan memantau kegiatan bawahan;
  5. Pelaksanaan kebijakan pusat dan provinsi di bidang pembinaan, pengendalian dan pengawasan kegiatan pengusahaan, keteknikan, keselamatan kerja, lingkungan serta pembangunan sarana dan prasarana tertentu di bidang panas bumi, bio energi, aneka energi baru dan terbarukan dan konservasi energi;
  6. Penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria dibidang pembinaan, pengendalian dan pengawasan pengusahaan, keteknikan, keselamatan kerja, lingkungan serta pembangunan sarana dan prasarana tertentu di bidang panas bumi, bio energi, aneka energi baru dan terbarukan dan konservasi energi;
  7. Pemberian bimbingan teknis dan evaluasi di bidang energi baru terbarukan dan konservasi energi;
  8. Memberikan petunjuk kepada bawahan;
  9. Mengatur Pembagian tugas kepada bawahan;
  10. Mengevaluasi hasil kerja bawahan;
  11. Menilai prestasi kerja bawahan sebagai bahan pertimbangan dalam Pengembangan karir;
  12. Melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh atasan;

 

 

Kepala Seksi Energi Baru dan Terbarukan

 

Tugas Pokok : membantu kepala bidang energi dan sumberdaya mineral dalam penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi  

 

Uraian Tugas :

  1. Menyusun rencana kerja operasional dan rencana anggaran di seksi pertambangan dan geologi;
  2. Mendistribusikan dan memberikan petunjuk kepada bawahan;
  3. Mengkordinasikan kegiatan kebawahan;
  4. Mengendalikan dan memantau kegiatan bawahan;
  5. Pelaksanaan kebijakan pusat dan provinsi di bidang pelayanan sumber daya geologi, vulkanologi dan mitigasibencana geologi, air tanah dan geologi lingkungan serta survei geologi;
  6. Pelaksanaan penelitian, penyelidikan dan pelayanan di bidang sumber daya geologi, vulkanologi dan mitigasi bencana geologi, air tanah dan geologi lingkungan serta survei geologi;
  7. Penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria di bidang penyelidikan dan pelayanan sumber daya geologi, vulkanologi dan mitigasi bencana geologi, air tanah dan geologi lingkungan serta survei geologi;
  8. Pelaksanaan bimbingan teknis dan suvervisi di bidang penyelidikan dan pelayanan sumber daya geologi, vulkanologi dan mitigasi bencana geologi, air tanah dan geologi lingkungan serta survei geologi;
  9. Pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas di bidang penyelidikan dan pelayanan sumber daya geologi, vulkanologi dan mitigasi bencana geologi, air tanah dan geologi lingkungan serta survei geologi;
  10. Memberikan petunjuk kepada bawahan;
  11. Mengatur pembagian tugas kepada bawahan;
  12. Mengevaluasi hasil kerja bawahan;
  13. Menilai prestasi kerja bawahan sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan karir;
  14. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh atasan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kepala Seksi Pertambangan dan Geologi

 

Tugas Pokok : membantu kepala bidang energi dan sumberdaya mineral dalam penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi  

 

Uraian Tugas :

  1. Menyusun rencana kerja operasional dan rencana anggaran di seksi pertambangan dan geologi;
  2. Mendistribusikan dan memberikan petunjuk kepada bawahan;
  3. Mengkordinasikan kegiatan kebawahan;
  4. Mengendalikan dan memantau kegiatan bawahan;
  5. Pelaksanaan kebijakan pusat dan provinsi di bidang pelayanan sumber daya geologi, vulkanologi dan mitigasibencana geologi, air tanah dan geologi lingkungan serta survei geologi;
  6. Pelaksanaan penelitian, penyelidikan dan pelayanan di bidang sumber daya geologi, vulkanologi dan mitigasi bencana geologi, air tanah dan geologi lingkungan serta survei geologi;
  7. Penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria di bidang penyelidikan dan pelayanan sumber daya geologi, vulkanologi dan mitigasi bencana geologi, air tanah dan geologi lingkungan serta survei geologi;
  8. Pelaksanaan bimbingan teknis dan suvervisi di bidang penyelidikan dan pelayanan sumber daya geologi, vulkanologi dan mitigasi bencana geologi, air tanah dan geologi lingkungan serta survei geologi;
  9. Pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas di bidang penyelidikan dan pelayanan sumber daya geologi, vulkanologi dan mitigasi bencana geologi, air tanah dan geologi lingkungan serta survei geologi;
  10. Memberikan petunjuk kepada bawahan;
  11. Mengatur pembagian tugas kepada bawahan;
  12. Mengevaluasi hasil kerja bawahan;
  13. Menilai prestasi kerja bawahan sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan karir;
  14. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh atasan.
2017 Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tanggamus. All rights reserved. Developed by Simanda